Manfaat Pepaya Untuk Meredakan Asam Lambung

Diposting oleh Admin pada 18 Januari 2022

Buah pepaya mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh dibalik rasanya yang manis dan enak. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk meredakan penyakit asam lambung dan buah ini juga baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh kita. Berikut ini cara kerja buah pepaya untuk meredakan asam lambung:

1. Kaya Nutrisi Penting

Enzim papain merupakan salah satu kandungan terpenting dalam pepaya dalam meredakan asam lambung. Enzim papain dapat memecah rantai protein keras yang ditemukan dalam otot daging. Uniknya, pepaya yang masih mentah pun dapat dimakan. Namun, untuk ibu hamil sebaiknya menunggu pepaya benar-benar matang. Karena buah pepaya yang mentah mengandung latek yang tinggi, yang dapat merangsang kontraksi. Berikut ini paparan nutrisi dalam satu buah pepaya kecil (152 gram):

 

- Kalori: 59 kkal.

- Karbohidrat: 15 gram.

- Serat: 3 gram.

- Protein: 1 gram.

- Vitamin C: 157% .

- Vitamin A: 33%.

- Folat (vitamin B9): 14%.

- Kalium: 11%.

2. Meredakan Asam Lambung

Asam lambung dapat kambuh pada saat pengidapnya mengkonsumsi makanan yang digoreng, makanan berpengawet, pedas, asam, berkafein, hingga obat-obatan tertentu. Selain menjauhi pantangan tersebut pengidap juga harus mengkonsumsi buah dan sayuran yang dapat mengatasi asam lambung secara alami. 

Salah satu buah yang baik untuk pengidap asam lambung adalah pepaya. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan asam lambung. Enzim dan serat dalam pepaya dapat mengurangi gejala asam lambung naik, seperti sensasi panas di dada (heartburn).

3. Dapat Meningkatkan Pencernaan

Manfaat lain buah pepaya juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Enzim papain dalam pepaya dapat membuat protein membuat protein lebih mudah dicerna. Banyak orang yang hidup didaerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk meredakan asam lambung, sembelit, dan gejala lain dari sindrom iritasi usus besar.

Melansir dari Healthline, orang yang mengonsumsi buah pepaya maupun suplemen pepaya selama 40 hari, mengalami peningkatan signifikan dalam meredakan asam lambung, sembelit, dan kembung

 

Referensi:

Healthline. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya. Diakses pada 2022

People Pharmacy. Why Papaya for Heartburn Is Surprisingly Helpful. Diakses pada 2022

Artikel Terkait

Perbedaan Batuk Pilek Biasa dan Covid, Serta 6 Solusi Pengobatannya
Mengenali Gejala Omicron dan Pencegahan Yang Direkomendasikan
Manfaat Pepaya Untuk Meredakan Asam Lambung
Nyeri Sendi - Penyebab dan Mengatasi
Live Chat